Tugas 2 Arsiektur dan Organisasi Komputer

Nama : Huanito Alfiansyah
NPM : 011190082
INFORMATIKA



 Hasil gambar untuk sistem komputer
https://www.nafaskuda.com/2019/03/soal-dan-kunci-jawaban-mapel-sistem-komputer.html

1. Definisi Sistem Komputer

Sistem Komputer merupakan sekumpulan perangkat komputer yang saling berkaitan dan berinteraksi antara satu sama lain untuk menjalankan sebuah Proses Pengolahan Data, sehingga dapat menghasilkan suatu informasi yang sangat dibutuhkan oleh penggunanya. Perangkat-perangkat yang terdapat didalam sebuah Sistem Komputer yaitu terdiri dari Hardware, Software dan Brainware.
Dari setiap perangkat tersebut mempunyai fungsinya masing-masing pada sebuah Sistem Komputer. Tetapi saat menjalankan tugasnya perangkat Komputer tersebut akan bekerja dan saling mendukung antara satu sama lain. Hardware tidak dapat bekerja jika tanpa adanya sebuah Software dan Hardware pun begitu, keduanya tidak akan bisa dipakai untuk menghasilkan suatu informasi jika tidak ada sebuah Brainware yang menjalankan dan memberikan perintah.

Fungsi Sistem Komputer

Dibawah ini beberapa fungsi dari Sistem Komputer yang bisa dipahami yaitu, diantaranya sebagai berikut :
  • Menginput sebuah Data
Menginput Data merupakan salah satu fungsi dari sistem komputer yaitu menginput data yang sudah ada ke dalam sebuah komputer. Sistem komputer bertugas untuk menginput segala macam jenis data yang telah dimasukkan oleh seorang pengguna melalui sebuah perangkat Hardware seperti Mouse, Keyboard, Microphone dan lain sebagainya.
  • Memproses sebuah Data
Memproses Data merupakan salah satu fungsi dari sebuah Sistem Komputer yaitu untuk melakukan suatu Process yang bertugas untuk mentransfer sebuah data mentah menjadi suatu informasi yang bisa dibaca oleh memori komputer. Sebuah Proses data ini biasanya dilakukan pada suatu Central Processing Unit ( CPU ) yang juga memiliki fungsi sebagai otak komputer.
  • Menghasilkan sebuah Data
Menghasilkan Data merupakan salah satu Fungsi dari Sistem Komputer yang bertugas untuk menghasilkan sebuah Output yang merupakan salah satu hasil dari data yang sudah diproses. Hasil dari Output tersebut bisa berupa sebuah informasi, gambar, suara maupun video yang sudah sejak awal memang termasuk kedalam sebuah pengolahan data.
  • Menyimpan sebuah Data Menyimpan Data merupakan salah satu fungsi dari sistem komputer yang bertugas untuk menyimpan data Output yang merupakan hasil dari olahan sebuah Process didalam memori komputer. Jadi, data yang sudah diinput dan diproses akan menjadi sebuah Output Data yang bisa kita simpan di dalam sebuah memori komputer yang nantinya bisa digunakan dalam waktu tertentu.

    komponen Sistem Komputer

    Sistem Komputer terdiri dari beberapa komponen pembangun dari sebuah Sistem yaitu, Hardware, Software dan juga Brainware. Dibawah ini terdapat penjelasan mengenai 3 jenis komponen tersebut di antaranya sebagai berikut ini :

    A. Komponen Hardware (Perangkat Keras)

    Hardware atau biasa kita sebut sebagai Perangkat Keras yaitu merupakan perangkat yang mempunyai wujud fisik dan bisa disentuh. Perangkat ini terdiri dari berbagai macam benda komputer yang biasa kita pakai. Contohnya seperti Monitor, Mouse, Keyboard, dan CPU, semua komponen tersebut merupakan bagian dari komponen Hardware Komputer.
    Dibawah ini merupakan penjelasan dari berbagai macam komponen Hardware yaitu, sebagai berikut :
    Central Processing Unit (CPU)

    Sistem Komputer
    CPU atau Central Processing Unit merupakan otak dari sebuah sistem komputer. Unit ini memiliki tanggung jawab dari semua kegiatan yang telah terjadi dan sudah di Proses didalam sebuah Komputer. CPU memiliki fungsi sebagai pusat Pengelolahan Data dan mengontrol segala macam perangkat Internal maupun Eksternal yang terhubung pada sebuah Komputer.
    Input Unit (Input Device)

    Sistem Komputer
    Input Device merupakan salah satu perangkat keras komputer yang bertugas sebagai alat yang berguna untuk memasukan data atau sebuah perintah ke dalam Komputer.

    Output Unit (Perangkat Keluaran)

    Sistem Komputer
    Output unit mempunyai fungsi yang bertolak belakang dengan Input unit. Jika pada sebuah input unit data yang diperoleh dari luar dimasukkan ke dalam sistem komputer, maka output unit sebaliknya. Output Unit menghasilkan suatu informasi atau sebuah data yang merupakan hasil dari pemrosesan pada sistem komputer. Data yang dihasilkan dapat berupa sebuah infromasi, gambar, suara atau video.

    Storage Unit (Perangkat Penyimpanan)

    Sistem Komputer
    Perintah yang telah dimasukkan pada suatu Sistem Komputer melalui sebuah Input Unit kemudian akan disimpan di Unit Storage sebelum benar-benar melalui sebuah Pemrosesan. Begitupun dengan hasil dari sebuah data yang sudah selesai diproses, data tersebut akan terlebih dahulu disimpan pada sebuah Storage Unit sebelum dipindahkan ke Output Unit. Storage Unit dibagi menjadi dua jenis yaitu, sebagai berikut ini :

    B. Komponen Software (Perangkat Lunak)

    Software merupakan sekumpulan data Elektronik yang disimpan dan diatur oleh sebuah komputer. Data tersebut yang sudah disimpan oleh sebuah Komputer dapat berupa suatu Program atau Instruksi yang akan melaksanakan suatu perintah. Melalui sebuah software atau perangkat lunak inilah Komputer dapat menjalankan suatu perintah yang di berikan.
    Dibawah ini merupakan penjelasan dari berbagai macam komponen Software yaitu, sebagai berikut :
    Operating System (Sistem Operasi)
    Sistem Operasi komputer merupakan sebuah program dasar yang ada pada komputer, umumnya berfungsi untuk menghubungkan seorang pengguna dengan Hardware. Bisa dikatakan juga bahwa Sistem Operasi merupakan Perangkat Lunak yang berfungsi untuk melakukan suatu pengontrolan dan memanagemen perangkat keras serta termasuk menjalankan sebuah aplikasi yang dapat melakukan suatu proses pengolahan data.

    Program Aplikasi (Aplication Program)
    Program Aplikasi merupakan salah satu kategori software yang digunakan untuk membantu sebuah pekerjaan seorang pengguna Komputer untuk bisa mengolah berbagai macam Data Komputer. Perangkat Lunak Komputer pada umumnya hanya diinstal sesuai dengan kebutuhan dari seorang pengguna komputer tersebut.

    Utility Software  (Program Tambahan )
    Utility Software merupakan salah satu kategori software yang bertugas menjaga dan melindungi suatu sistem komputer tetapi tidak berhadapan lansung dengan sebuah Hardware.

     Programing Language (Bahasa Pemerograman)
     Programing Language merupakan salah satu bahasa yang biasa digunakan oleh seorang Pengguna Komputer untuk mempermudah sebuah komunikasi dengan komputer. Programing Language bisa dikatakan juga sebagai sebuah Standar Bahasa yang merupakan suatu instruksi untuk berkomunikasi dan memberikan suatu perintah pada komputer tersebut.

    C. Komponen Brainware

    Brainware yaitu merupakan orang yang melaksanakan atau mengoperasikan sebuah komputer. Brainware mempunyai peran yang sangat penting karena sebuah komputer tidak dapat digunakan jika tidak dioperasikan oleh Manusia. Jadi brainware yaitu merupakan orang yang terlibat dalam suatu kegiatan pemanfaatan sebuah Komputer. Pengguna komputer dibagi menjadi empat jenis yaitu, diantaranya sebagai berikut :

    Programer
    Programmer yaitu seseorang yang memiliki keahlian untuk menguasai banyak atau salah satu dari suatu bahasa pemerograman. Jadi seorang programer bisa dikatakan sebagai orang yang membuat dan memiliki sebuah tugas untuk mempersiapkan suatu program yang memang dibutuhkan dalam sistem komputer yang akan dipakai untuk mengolah sebuah data.


    Sistem Analis
    Sistem Analis merupakan orang yang bertanggungjawab terhadap sebuah penelitian, perencanaan, penkoordinasian dan merekomendasikan pilihan dari suatu software, hardware dan sistem yang sesuai dengan kebutuhan dari seorang penggunanya. Seseorang yang bertugas sebagai Sistem Analis pun sangat berperan dalam sebuah proses pengembangan dari suatu sistem. Seorang Sistem Analis harus mempunyai empat keahlian contohnya Analisis, Teknis, Managerial dan cara berkomunikasi yang baik dengan orang lain ataupun Interpersonal.

    Administrator
    Administrator merupakan orang yang bertanggungjawab atas pengelolaan dari sebuah Sistem Operasi serta beberapa program yang sedang berjalan pada sebuah sistem komputer.

     Operator
    Operator merupakan orang yang hanya bertugas memanfaatkan sebuah Sistem Komputer yang sudah ada atau seorang Operator hanya menggunakan aplikasi tertentu saja untuk mengolah sebuah data Sistem Komputer.

2. CIRI-CIRI KOMPUTER GENERASI 1-4

Sejarah Perkembangan Komputer Generasi Pertama.

Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “machine language”. Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data.

 Sejarah Komputer
https://sweetmickyforpresident.com/32/sejarah-komputer/

Ciri-ciri komputer generasi pertama :


  • Silinder magnetik untuk menyimpan data
  • Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara (Vacum tube) untuk sirkuitnya.
  • Kapasitas penyimpanan kecil.
  • Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
  • Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
  • Cepat panas.
  • Proses kurang cepat.
  • Memerlukan dya listrik yang besar.
  • Orientasi pada aplikasi bisnis.
Sejarah Komputer Generasi Kedua
Tahun 1948, penemuan transistor sangat berpengaruh terhadap perkembangan komputer masa itu. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. sehingga berdampak pada perubahan ukuran mesin-mesin elektrik yang pada awalnya memiliki ukuran yang besar menjadi ukuran yang lebih kecil.

 
 http://www.kecarat.com/2016/09/komputer-generasi-kedua.html

Ciri-ciri komputer Generasi kedua :

  • Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic core storage
  • Berorientasi pada bisnis dan teknik.
  • Tidak terlalu banyak mengeluarkan panas.
  • Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
  • Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
  • Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)
Sejarah Komputer Pada Generasi ketiga
Perkembangan komputer pada generasi ketiga terjadi sekitar tahun 1964-1970 dengan ditemukanya teknologi Integrated Circuit (IC) menjadi ciri utama karena mulai digunakan pada sebuah perangkat komputer hingga generasi sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). SLT adalah transistor dan diode diletakkan terpisah dalam satu tempat sedangkan MST adalah elemen transistor, diode, dan resistor diletakkan bersama dalam satu chip. MST lebih kesil tetapi mempunyai kemmapuan lebih besar dibanding SLT.

 
 https://www.sodagarkomputer.com/blog/sejarah-komputer-generasi-ketiga

 Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga :

  • Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara keseluruhan
  • Sudah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.
  • Kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  • Peningkatan dari sisi software.
  • Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter).
  • Pemakaian listrik lebih hemat dan lebih efisien.
  • Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi keempat
Komputer generasi ini merupakan kelanjutan dari generasi III dan perbedaanya adalah IC pada generasi empat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang di anggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang di jadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.


 http://daruadityaa.blogspot.com/2014/12/ciri-ciri-komputer-generasi-keempat.html

Ciri-ciri komputer Generasi keempat :

  • Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer
  • Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration, yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip
Sejarah Perkembangan Komputer Generasi kelima
Pada masa ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor yang ditanam pada sebuah microprocesor, serta munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Komputer Pentium-4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan dapat menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium-4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar-gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam dan keunggulan lainya adalah kecepatan memproses, mengirim ataupun menerima gambar juga menjadi semakin cepat.

 

 https://www.it-jurnal.com/komputer-generasi-ke-5/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN TENTANG SORTING DAN ALGORITMA BRUTE FORCE

Jenis Format Gambar Dan penjelasannya

Tugas Pengolahan Citra Digital