TUGAS 3 ( Arsitektur Organisasi Komputer )

Nama : Huanito Alfiansyah
NPM : 011190082
INFORMATIKA


TUGAS 3
Arsitektur Dan Organisasi Komputer 

1. Apa itu main Board dan apa fungsi nya ?
    Sebuah papan Elektronik yang digunakan untuk meletakkan Komponen-komponen Elektronik lain. Fungsi dari Main Board tersebut adalah  sebagai penghubung antara hardware seperti Processor, RAM, VGA, MOUSE, Keyboard dan sebagainya. Dan juga Main Board berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data pada sebuah komputer. 

2. Jabarkan komponen-komponen mainboard sesuai pada panah pada gambar di bawah ?
      
   


1Soket CPU atau Processor Socketdigunakan untuk menginstal atau menyisipkan prosesor . Ada dua jenis soket  yang kita kenal, yaitu soket LIF soket dan soket  ZIF. LIF singkatan dari Low InsertionForce, yaitu soket model lama, dan ZIF adalah singkatan dari Zero Insertion Force, adalah soket prosesor model baru.
Gambar 2.1. Soket CPU
2. North Bridgeletaknya selalu dekat dengan soket prosesor, yaitu merupakan salah satu komponen penting dari motherboard. North Bridge adalah titik fokus dari motherboard, dan disebut juga dengan memory controller hubNorth bridge terhubung dengan socket Processor, slot RAM serta slot AGP.
Gambar 2.2. North bridge
3. South Bridgedan North Bridge adalah dua kutub utama motherboardSouth Bridge terhubung dengan antarmuka IDE primer dan sekunder, konektor SATA, konektor Floppy Drive, slot PCI dan BIOS.
Gambar 2.3 South bridge
4. Slot RAM adalah komponen pada motherboard yang digunakan untuk menyisipkan RAM.
Gambar 2.4 Slot RAM
5. Slot AGP digunakan untuk memasukkan AGP Card. AGP atau singkatan dari Accelerated Graphics Port, adalah slot untuk kartu grafis yang ditujukan untuk game 3D. Letaknya selalu di samping slot PCI.
Gambar 2.5 Slot AGP

6.Slot PCI digunakan untuk menyisipkan Add-on Card, seperti kartu LAN , Kartu Sound , dan kartu TV tuner .PCI adalah singkatan dari Peripheral Component Interconnect.
                                      Gambar 2.6 Slot PCI
7. Complimentary Metal Oxide Semicondutor (CMOS) adalah sebuah baterai yang memasok power pada sebuah memori kecil pada motherboard yang berfungsi untuk menyimpan settingan konfigurasi komputer, waktu, dll. CMOS menjaga agar kita tidak perlu mengkonfigurasi hal-hal tersebut setiap kali kita menyalakan komputer
                                         Gambar 2.7 Baterai CMOS
8. Primary and Secondary IDE Interfaces juga disebut dengan konektor IDE atau konektor PATA. IDE adalah kependekan dari Integrated Device Electronics, yang mendukung untuk perangkat IDE, seperti Hard disk dan CD dan DVD drive .
                                Gambar 2.8 Promary and Secondary IDE
9. Konektor SATA juga disebut sebagai konektor Serial ATA.  SATA kependekan dari Serial Advanced Technology Attachment, yang berguna untuk menghubungkan perangkat serial ATA.
                                          Gambar 2.9  konektor SATA
10. BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System, yang juga merupakan salah satu bagian chip penting dari motherboard, untuk melakukan POST ( Power On Self Test ) .
                                                Gambar 2.10 BIOS.

3. Jabarkan Komponen eksternal sesuai dengan panah ?
     
Hasil gambar untuk bagian belakang cpu dan fungsinya
1. Port Serial : Melakukan Transmisi data yang berorientasi pada pengiriman sebuah bit perwaktu.
2. USB Port : Untuk menghubungkan device yang mensupport USB
3. Port Paralel : Untuk mengirimkan data dengan cepat tetapi harus dengan kabel yang pendek
4. Port PS/2 : Biasa nya digunakan untuk menghubungkan Keyboard dan Mouse tetapi sekarang jarang di gunakan lagi
5. Port VGA : Port yang berhubugan langsung dengan monitor dan didapatkan dari pemasangan yang menggunakan VGA, atau secara onboard pada mother board untuk LCD Proyektor 
6. Port Audio : Port yang berhubungan langsung dengan Audio seperti, tab, radio dan lainnya
7. Port LAN : Port yang berhubungan dengan jaringan komputer melalui konektor RJ45 
8. Port Moden : Port yang digunakan untuk koneksii internet malalui line.

4. Jelaskan Fungsi Chipset north bridge dan south bridge ?
    Chipset north bridge fungsi nya untuk menjembatani arus data di sekitar main memory, prosessor, front side brusdan AGP bus juga mengatur kerja power management.
    Dan kalo south bridge fungsi nya untuk mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller dan fungsi I/O lainnya.

5. Apa fungsi Prosessor ?
    -  Otak dari komputer

Fungsi processor yang paling penting ialah sebagai sebuah otak dari komputer, karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor. Untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan dari user atau pengguna.
Processor mengintegrasikan keseluruhan komponen internal seperti komponen chipset, harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya. Sehingga keseluruhan komponen tersebut bisa bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing dan saling terhubung satu sama lain. Semua komponen tersebut terhubung dengan adanya komponen processor, jika tidak ada processor maka tidak dapat terintegrasi.
- Menjaga performa komputer
Fungsi processor selanjutnya ialah menjaga performa komputer. Semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.
Semakin banyak inti pada sebuah processor, dan juga semakin tinggi kecepatan processor tersebut, maka sebuah compute akan dianggap menjadi lebih cepat. Maka, seringkali processor dianggap menjadi salah satu indikator dari bagaimana sebuah komputer dapat bekerja
- Mendukung kebutuhan spesifik dari komputer
Untuk kamu yang hobi bermain game, pasti sudah familiar dengan istilah 'greater processor, greater gaming experience'. Ya, serunya bermain game sangat berpengaruh dengan kapasitas dan kecepatan processor dari sebuah komputer.
Hal inilah yang menandakan bahwa fungsi processor untuk mendukung kebutuhan spesifik. Seperti tujuan gaming dengan efek 3D dan suaranya, tujuan desain dan arsitektural atau tujuan sebagai server.
Setiap processor dengan tujuan tersebut memilki kemampuan dan juga spesifikasi yang diciptakan untuk tujuan khusus tersebut. Jadi, dengan adanya processor, maka setiap tujuan spesifik dan juga khusus dari sebuah komputer bisa terlaksana dengan baik.

6. Jabarkan Bagian- bagian dari prosessor ?
    1. Arimathics logical unit (ALU)
berfungsi untuk membantu prosessor untuk mengerjakan beberapa tugas dasar yang terjadi sesuai dengan intruksi program. 
   2. Control Unit (CU)
befungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output.
   3.Register Unit (RU)
Berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil namun memliki kecepatan akses yang lebih tinggi dibanding memori utama.

7. Apa fungsi memori ?
    Untuk menyimpan data yang diolah dan program yang akan dijalankan oleh komputer

8. Jelaskan macam-macam memori ?         
1.REGISTER MEMORY
Merupakan jenis memory dimana kecepatan acces yang paling cepat, memory ini terdapat pada Cpu/processor. Contoh :
Register data, register alamat , stack pointer register, Memory Address Register, I/O Address Register, dll.
2. CACHE MEMORY
Memory berkapasitas terbatas,berkecepatan tinggi yang lebih mahal dari pada memory utama.Cache memory ini ada diantara memory utama dan register pemroses, berfungsi agar pemroses tidak langsung mengacu pada memory utama agar kinerja dapat ditingkatkan.

3. MEMORI UTAMA
Memori ini berfungsi untuk menyimpan data dan program.
9.  Ilustrasikan bagaimanahubungan prosessor dan memori ketika memproses data ?
Hubungan antara prosessro dan memori adalah prosessor mengambil intruksi dari memori sesuai dengan yang ada pada program counter, atau prosessor merupakan gabungan dari beberapa komponen mikroelektronika yang berfungsi sebagai memproses data atau perintah sehingga membentuk sebagaimana fungsinya dimana komponen mikroelektronika tersebut terdapat beberapa memori untuk menyimpan data.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN TENTANG SORTING DAN ALGORITMA BRUTE FORCE

Jenis Format Gambar Dan penjelasannya

Tugas Pengolahan Citra Digital