TUGAS 7 ( Arsitektur Organisasi Komputer )


NAMA : Huanito Alfiansyah
NPM: 011190082
INFORMATIKA



Hubungan Antara CPU Dan I/O Beserta Gambarnya
Hubungan Antar CPU dengan Main Memory ataupun dengan Alat-Alat Input dan Output (I/O) dilakukan dengan suatu jalur yang disebut dengan BUS. Hubungan Antar CPU dengan Main Memory elalui jalur bus diletakan pada memory data register, memory address register dan control unit di CPU. Sedangkan Hubungan Antar CPU dengan Alat-Alat Input dan Output (I/O) diletakan pada alat I/O port atau DMA controller atau I/O channel.
Ø BUS
BUS atau juga disebut dengan pathway merupakan suatu sirkuit yang merupakan jalur informasi antara dua atau lebih alat-alat dala system computer.
Internal BUS : menghubungkan CPU dengan main Memory.
External BUS : Menghubungkan CPU dengan Alat-alat Input Output.

Ø Internal & external BUS
Data BUS : BUS yang digunakan untuk jalur transportasi data dan instruksi.
Address BUS : BUS yang digunakan untuk jalur alamat di main memory untuk data atau instruksi.
Control BUS : BUS yang digunakan untuk mengirimkan sinyal sebagai pemberitahuan akan dikirimkan suatu informasi atau telah diterimanya sebuah informasi yang dikirimkan dari satu alat ke alat yang lain.
Didalam internal BUS Hubungan Antar CPU Dengan Main Memory memalui data bus yang dihubungkan dengan memory data regiser (MDR) address BUS yang dihubungkan dengan memory address register (MAR) dan control BUS dihubungkan dengan control unit.

Ø Internal Memory
I/O Port
Alat-alat Input Output tidak diletaka langsung dengan Bus. Tetapi melalui suatu I/O port. Alat-alat Input Output dapat berkomunikasi dengan CPU dengan cara Mengirimkan Informasi yang akan dikomunikasikan lawat BUS. Informasi yang dikirim dari alat input output (pheriperal device) ke main memory atau ke register di CPU di letakan di I/O port dan dikirimkan lewat data bus. Serta informasi dari main memory akan di kirmkan ke peripheral device juga melalui data bus, dan diterima di I/O port. cara ini disebut Program-controlled I/O. cara tersebut hanya untuk word data saja, diterapkan pada I/O yang menangani satu karakter atau 1 byte atau 1 word ( 1 word = 2 atau lebih byte ) saja setiap saat. Contohnya adalah keyboard yang dihubungkan dengan keyboard interface.
DMA Controller
(Direct Memory Access) merupakan konsep yang akan membuat komunikasi antara peripheral device dengan main memory akan lebih efesien.
DMA Controller mempunyai suatu prosesor tersendiri di dalamnya. Bila dengan Program-controlled I/O setiap kali terjadi pengiriman informasi harus diawasi oleh CPU, maka dengan adanya DMA ini CPU hanya sekali memberi sinyal untuk melakukan pengiriman sejumlah blok data antara Main Memory dan peripheral device. Sehingga CPU dapat memproses perintah/pekerjaan yang lain. Cara DMA ini digunakan untuk peripheral device yang mempunyai kecepatan tinggi yang membutuhkan blok data yang besar seperti hard disk drive I/O Channel
I/O Channel adalah suatu DMA controller yang dipergunakan secara bersama-sama untuk sejumlah alat I/O.
Masing-masing alat I/O dihubungkan dengan suatu channel lewat suatu controller yang dapat digunakan untuk sejumlah alat I/O yang sejenis misalnya : 2 atau lebih Disc Drive.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENJELASAN TENTANG SORTING DAN ALGORITMA BRUTE FORCE

Jenis Format Gambar Dan penjelasannya

Tugas Pengolahan Citra Digital